Minggu, 09 Oktober 2011

Mengatasi Hutang Kartu Kredit

Dengan bunga rata-rata di atas 3% sesungguhnya kartu kredit bukan hanya menawarkan kemudahan dalam berbelanja, namun juga bisa menjerat kita bila tidak hati-hati dalam menggunakannya.
Selama ini mungkin kita telah terjebak dengan hutang kartu kredit yang semakin menumpuk sehingga bahkan untuk membayar pembayaran minimum saja kita sudah kerepotan. Dibutuhkan rencana keuangan yang baik selain mendisiplinkan penggunaan kartu kredit.
Cara terbaik menggunakan kartu kredit
Banyak pengguna kartu kredit memilih untuk membayar penuh kartu kredit sebelum tanggal pencetakan tagihan kartu kredit setiap bulan. Mereka adalah tipe pelanggan yang cerdik dan hanya menggunakan kartu kredit sebagai cara yang nyaman untuk mengendalikan pengeluaran dan berbelanja tanpa menggunakan uang tunai atau cek. Mereka memanfaatkan jeda waktu bebas bunga yakni antara tanggal belanja dengan waktu sebelum tagihan kartu kredit dicetak. Pada saat jeda waktu tersebut maka bunga kartu kredit belum dihitung dan bila kita membayar lunas sebelum tagihan kartu kredit dicetak maka kita tidak dikenakan bunga sama sekali.
Pelanggan dengan perilaku seperti ini mengambil manfaat yang sangat tinggi dari kartu kredit. Ia juga dapat menikmati discount hasil membelanjakan kartu serta mendapatkan poin untuk kemungkinan mendapat hadiah. Namun saat ini beberapa kartu kredit telah mengenakan bunga sejak tanggal transaksi. Maka telitilah dan tanyakan kepada customer service kartu kredit tersebut bagaimana mereka mengenakan bunga. Pilihlah kartu kredit yang mempunyai jeda waktu bebas bunga.

Mengatasi tagihan kartu kredit yang membengkak

Sebelum kita benar-benar terjebak dalam utang kartu kredit yang “abadi” maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan yakni:
1. Manfaatkan program transfer balance berbunga rendah dari beberapa bank penyelenggara kartu kredit. Saat ini beberapa bank menawarkan untuk melunasi tagihan kartu kredit kita dengan cara memindahkan saldo tagihan kartu kredit kita kepada kartu kredit terbitan bank atau lembaga keuangan yang menawarkan fasilitas tersebut. Yang menarik, program transfer balance tersebut menawarkan bunga yang jauh lebih rendah bahkan bebas bunga selama periode tertentu. Program transfer balance banyak ditawarkan dengan jangka waktu tertentu misalkan 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun. Jadi sesuaikan kemampuan keuangan kita dan pilihlah yang paling cocok dengan jangka waktu tersebut. Apabila ini dilakukan, maka beban keuangan kita akan menurun, bahkan mungkin kita dapat memiliki napas lebih besar untuk segera dapat melunasi seluruh tagihan.
2. Manfaatkan tawaran pinjaman pribadi tanpa agunan(multiguna) dari beberapa bank. Saat ini beberapa bank juga menawarkan pinjaman pribadi tanpa agunan dengan cicilan tetap per bulan. Cobalah analisis kemampuan bayar kita per bulan. Ambillah cicilan per bulan yang dapat ditanggung kita. Lunasilah seluruh tagihan kartu kredit kita dengan pinjaman tersebut. Bila ini dilakukan niscaya akan terasa bahwa secara pengeluaran per bulan akan lebih meringankan beban keuangan kita.
Kedua cara diatas dapat menjadi alternatif yang cukup baik untuk menyelesaikan kewajiban kita melunasi kartu kredit. Namun biasanya para analis kartu kredit program transfer balance dan pinjaman tanpa agunan akan melihat track record pembayaran kartu kredit kita dan pembayaran kredit lainnya di bank lain jika ada. Jika analis tersebut melihat sejarah kartu kredit kita cukup baik, dalam arti minimal selalu membayar jumlah minimum pembayaran secara tepat waktu maka biasanya mereka akan mengabulkan permohonan kita.
Mengingat bunga kartu kredit yang cukup mahal maka sikap terbaik kita terhadap kartu kredit adalah memandang kartu kredit sebagai sarana untuk memudahkan dan keamanan dalam melakukan transaksi pembelian atau pembayaran. Bukan sebagai sarana kemudahan untuk berutang. Sudah banyak contoh pemegang kartu kredit yang terjebak dalam “lingkaran setan” utang karena memandang kartu kredit sebagai kemudahan untuk berutang.
Padahal pada dasarnya kartu kredit merupakan sarana pengganti transaksi uang tunai yang aman dan mudah. Demikian semoga bermanfaat

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar