Minggu, 30 Oktober 2011

7 Film Hollywood yang menghina Indonesia

Sebetulnya bukan disebut menghina, tetapi lebih tepatnya adalah adanya beberapa adegan yang dirasa membicarakan keburukan-keburukan Indonesia. Namanya juga film, ada sebagian yang fakta, ada juga yang terlalu berlebihan. Dan mungkin saja karena sang pembuat belum terlalu paham akan Indonesia (atau malah karena sudah paham, jadi bisa membuat statement tersebut… hehehee..)

1.       House (Serial TV)

Film seri di Starworld ini berkisah tentang Dokter House yang sedang mengobati anak yang sakit parah dan dia mengatakan kira-kira seperti ini “anak sakit parah begini, tinggalnya pasti di Indonesia."

2.       Looking For Jackie Chan

Film ini menceritakan tentang anak Indonesia keturunan Cina yang fans berat Jacki Chan hingga akhirnya bertemu dengan sang idola. Anak ini digambarkan dengan jelas memiliki sikap khas Indonesia yang ‘Melanggar Aturan’, diantaranya saat menerobos satpam dan lari dari rumah.


3.       In The God Hand

Film ini berkisah tentang peselancar muda Amerika dari Hawai yang berkunjung ke Bali. Mereka mencoba semua ombak yang ada di dunia. Saat itu mereka ada di Lombok/Bali dan tertangkap polisi Indonesia, lalu yang terjadi mereka menyuap polisinya dengan cara ‘salaman dengan menempelkan uang ke tangan polisi’ dan mereka pun lolos.


4.       Lethal Weapon 4

Dalam salah satu adegannya, imigran Cina diselundupkan menggunakan kapan yang diatasnamakan sebuah perusahaan di Indonesia (fiktif) dan dalam salah satu adegannya, Danny Glover mengumpat “kapal bodoh ini dibuat oleh seorang yang berasal dari Indonesia”, sehingga Indonesia terkesan sebagai Negara yang kacau.


5.       The Year of Living Dangerously

Film ini berkisah tentang wartawan yang dikirim ke Jakarta untuk tugas liputan pada tahun 1965-1966. Saat itu situasi Indonesia sangat tidak kondusif, Indonesia mengalam krisis politik dan ekonomi, sehingga situasi Jakarta digambarkan sangat kacau dan penduduknya yang kelaparan. Saat Oscar 1992, film ini menang untuk artis terbaik. Memang di film ini tidak menyebutkan Indonesia secara langsung, tetap tentang Indonesia. Sehingga, dalam film ini, Indonesia sangat ‘apik’ digambarkan sebagai Negara yang penuh konflik.


6.       West Wing

Serial TV ini bersetting di Gedung Putih dengan tokoh presiden Amerika yang fiktif. Disalah satu episodenya, sang presiden menerima kunjungan dari presiden Indonesia (fiktif juga). Dari awal, film ini terkesan menjelekjelekan Indonesia. Misalnya: salah seorang staf Gedung Putih mengatakan pada rekannya: “Hati-hati jangan buat orang Indonesia tersinggung atau kepalamu akan dipenggal dan diarak keliling kota”. Selain itu, saat presiden Indonesia datang lagi, namun gerak-gerik dan tata bahasanya mirip dengan Gus Dur (disorot dari belakang), dan disini dikesankan orang Indonesia bodoh dan tidak bisa berbahasa Inggris.
Lucunya, diceritakan ada staf Indonesia yang orang Batak (tapi namanya Rahmahidi Sumahijo Bambang) yang mencari translator, tetapi yang ada hanya orang portugis (tidak bisa bahasa Inggris), disinilah dikesankan betapa ribetnya jika tidak bisa bahasa Inggris. Tetapi film ini Happy Ending, karena akhirnya Indonesia dapat mengeluarkan aspirasinya ke pemerintahan Amerika.


7.       The Silence of The Lambs

Dalam film thriller psikologi ini, ada adegan dmana di sweater orang yang diculik knibal tertulis “MADE IN INDONESIA”. Sehingga terkesan, Indonesia sebagai Negara yang banyak penculikan. (atau karena kita produsen tekstil yaa??)

Demikian 7 film Holywood yang terkesan mendeskreditkan Indonesia, semoga menambah ilmu dan kalau perlu ditonton, bagaimana pun, Indonesia disebut lho..hheheee...

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar