Kamis, 29 September 2011

Tips memasak Mie Instan


Mungkin Anda pernah mengalami masa saat kuliah dulu. Dimana mie instant dianggap sebagai menu yang dianggap praktis dan paling irit buat kantong mahasiswa. Tidak bisa dipungkiri bahwa konsumsi mie instant sering diasosiasikan sebagai pola makan anak kos. Meskipun bahyak juga yang mengkonsumsi mie instant selain anak kos / anak kuliah.
Mie instant memang dianggap menu yang praktis karena bisa dimasak dengan waktu yang singkat (3 – 5 menit). Dengan rasa yang sesuai keinginan. Di saat hujan yang dingin ketika Anda membutuhkan makanan yang hangat dan pedas dan disaat malam larut ketika Anda malas untuk memasak makanan yang lama. Dan sebagai sarapan yang praktis juga untuk mengganjal perut. Tetapi sebaiknya sebaiknya mie instant jangan dijadikan sebagai menu harian.
Perlu diketahui bahwa ternyata di dalam mie tersebut terkandung lilin yang berfungsi untuk melapisi mie instant (mungkin itu juga yah yang menyebabkan mie tidak lengket satu dengan yang lainnya). Jika kuah hasil olahan mie instan disimpan selama 3 hari, dan ternyata memang terbukti ditemukan zat seperti lilin. (2).
Bagi anda pengemar mie instan, mungkin kini saatnya untuk berhati-hati mengkonsumsi mie tersebut, Dan tubuh kita membutuhkan waktu 2 – 3 hari untuk membersihkan zat lilin tersebut. (1). Selain itu kandungan serat dalam mie instant juga tidak ada. Sehingga jika mengkonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan susah BAB. Belum juga kandungan MSG yang ada pada bumbu yang juga ancaman bagi ginjal kita jika terlalu sering mengkonsumsinya.
Banyaknya kita memproses mie instant hanya bahan yang ada dalam bungkus itu saja, jadi ketika sudah matang hanya ada mie, bumbu dan kuah saja atau tanpa kuah. Nah, saya uraikan tips memasak mie instant yang sehat :
1. Rebuslah mie instant dalam air yang telah mendidih sesuai waktu yang ditentukan (3 – 5 menitt).
2. Saat mie telah lunak aduklah dengan sendok atau garpu agar mie terlepas betul dari lapisan lilinnya.
3. Buanglah semua air rebusan dan beri air panas dari termos atau lainnya. Aduk kembali mie agar bersih dari lapisan lilin. Anda bisa mengulanginya untuk memastikan benar2 bersih.
4. Untuk mie kuah sebaiknya kuah berasal dari air panas yang dimasak sendiri, misal dari termos atau lainnya. Kemudian baru ditambahkan bumbunya.
5. Ini yang penting, tambahkan sayuran hijau sebagai pelengkap. Misalnya sawi dan lain2. Karena dari sayuran ini kita dapat mengimbangi bahaya dari lilin atau MSG dengan serat yang banyak. Tambah juga sebagai garnis misal selada air, tomat dan timun.
6. Yang tidak kalah penting lagi adalah ditambah sumber gizi lainnya, misalnya telor atau daging ayam dan lainnya. Agar gizinya juga seimbang.
7. Dan batasi konsumsi mie instant kita. Jangan jadikan sebagai menu harian. Paling tidak 1 minggu kita mengkonsumsi 2 – 3 kali sebagai menu selingan atau disaat kita memang ingin saja.
Demikian tips dari saya.
Tetap sehat dengan konsumsi mie instant yang sehat.

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar