Minggu, 25 Maret 2012

Tips Berbelanja di Malioboro


Siapa yang tidak tahu Malioboro? Surga belanja di Yogyakarta ini adalah tempat favorit bagi setiap orang. Berbagai macam barang dengan harga murah dan berkualitas ada di tempat ini. Tetapi, ada 6 hal yang harus Anda perhatikan.

Malioboro merupakan satu tempat yang harus dikunjungi saat Anda berada di Yogyakarta. Banyak barang yang menarik untuk dijadikan buah tangan atau koleksi pribadi. Agar kegiatan belanja Anda nyaman dan aman, perhatikan 6 hal berikut, :

1. Buat rincian biaya untuk berbelanja

Mungkin, banyak orang yang menganggap sepele tentang membuat rincian biaya dalam berbelanja. Padahal, hal ini adalah sesuatu yang paling penting jika Anda ingin berbelanja dimana pun. Dengan membuat rincian biaya, Anda akan belajar lebih teliti dan menahan nafsu dalam melihat barang-barang bagus saat berbelanja. Tidak hanya itu saja, dengan membuat rincian biaya, Anda akan membuat Anda menjadi lebih cermat dalam setiap pengeluaran.

2. Siapkan uang tunai

Jangan sampai barang incaran Anda dibeli oleh orang lain karena tidak siap dengan uang tunai untuk membayar. Memang, telah disediakan beberapa mesin ATM untuk mengambil uang di sekitar Malioboro. Tetapi, alangkah baiknya Anda menyiapkan uang tunai untuk setiap pembayaran. Ada beberapa tempat yang tidak menyediakan pembayaran dengan kartu debit ATM. Makanya, siapkan uang tunai sesuai rincian belanja Anda.

3. Jaga barang Anda

Jaga selalu barang-barang berharga yang Anda bawa, seperti ponsel, dompet, dan lain-lain. Selain itu, taruhlah uang Anda tidak dalam satu tempat, melainkan berpencar-pencar. Hal ini akan sangat membantu Anda jika tiba-tiba uang di saku Anda dicopet, terjatuh atau hilang. Ingat kata Bang Napi, "Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena adanya kesempatan." Maka waspadalah.

4. Cari yang cocok terlebih dahulu

Bagi Anda shopaholic, di Malioboro terdapat aneka jenis barang yang unik, bagus dan harga yang murah serta berkualitas. Tetapkan barang-barang apa saja yang memang harus Anda beli. Ada baiknya juga Anda melakukan pencarian barang terlebih dahulu, baru membayarnya jika barang dan harganya cocok. Jangan sampai 'lapar mata' dan jangan sampai mengeluarkan uang lebih mahal. Siapa tahu tidak jauh dari situ, ada barang yang cocok untuk Anda dengan harga lebih miring.

5. Ajak teman

Ajak teman untuk menemani kegiatan belanja Anda. Teman akan membantu Anda dalam memilih barang-barang yang akan dibeli. Rekomendasi dari teman juga harus diperhatikan. Ada baiknya Anda mengajak teman yang sudah sering belanja di Malioboro, sehingga bisa memberikan rekomendasi barang yang terbaik.

6. Siapkan tawaran jitu

Inilah hal penting yang harus diperhatikan saat berbelanja di Malioboro. Jangan malu dan gengsi untuk kegiatan tawar-menawar di Malioboro. Malioboro memang sudah menjadi tempat yang terkenal hingga ke turis mancanegara, tetapi tempat ini sejatinya adalah pasar tradisional. Tawarlah dengan gigih hingga mendapat barang yang diinginkan. Jika perlu, belajarlah tentang tawar-menawar dari teman wanita Anda. Tentunya mereka punya jurus-jurus yang jitu.

Perhatikan 6 hal di atas saat Anda ingin berbelanja di Malioboro. Selamat berbelanja dan menikmati Kota Yogyakarta!

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar